ABSTRAK
Nama Mahsiswa : Hanifah Izmi
Nomor Induk Mahasiswa : 02120021
Judul Skripsi : Pengaruh Kualitas
Produk dan Harga Produk
Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna
Smartphone Samsung ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Internasional
Indonesia Bekasi )
Penelitian
ini dilatar belakangi oleh fenomena turunnya pangsa pasar Smartphone Samsung di pasar dunia khususnya Indonesia di tahun 2015
yang mengakibatkan turunnya penjualan dan profitabilitas perusahaan. Salah satu
kunci mempertahankan pangsa pasar adalah dengan menciptakan kepuasan konsumen.
Untuk itu perlu menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan
konsumen. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya
kualitas produk dan harga produk. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi terdiri dari mahasiswa
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Internasional Indonesia Bekasi pengguna Smartphone Samsung. Sampel ditetapkan sebanyak
60 (enam puluh) orang yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling
insidental dan dihimpun melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis,
dan koefisien determinasi dengan bantuan software
SPSS versi 23.
Hasil analisis
data diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 1,629 + 0,230X1 + 0,654X2. Hasil uji
hipotesis secara parsial (uji t) hanya variabel harga produk yang berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t-hitung sebesar 3,960 > t-tabel 2,010 dan nilai probabilitas
0,000 < 0,05 sedangkan variabel kualitas produk secara parsial tidak
berpengaruh signifikan kepuasan konsumen dengan t-hitung sebesar 1,541 < t-tabel 2,010 dan nilai probabilitas 0,129 > 0,05. Hasil uji
F menunjukkan bukti bahwa kualitas produk dan harga produk secara simultan
berpengaruh signifikan. Nilai F-hitung sebesar 37,935
> F-tabel sebesar 3,145. Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,571 yang berarti
variabel kualitas produk dan harga produk dapat menjelaskan variabel kepuasan
konsumen sebesar 57,1% dan sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi faktor lain di luar
variabel penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga Produk, Kepuasan
Konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar