Jumat, 16 Desember 2016

Tips Mengerjakan Skripsi





          Skripsi atau TA (tugas akhir) adalah senuah karya ilmiah yang menggunakan metode atau pedekatan secara ilmiah. Skripsidan TA       (tugas akhir) merupakan syarat mutlak yang harus dikerjakan untuk mendapat suatu gelar akademik. Namun dalam proses pengerjaannya akan selalu menemukan kesulitan tertentu, maka sudah seharusnya seorang mahasiswa tingkat akhir memiliki persiapan untuk menghadapi segala hambatan. Berikut ini adalah tips - tips mengerjakan skripsi dengan baik sehingga dapat terselasaikan tepat waktu base on my experience :
1.      Berdoa
Yapz, betul sekali setiap usaha haeus diawali dengan berdoa kepada tuhan. So, berdoalah yang khusu kepadda tuhan kita agar diberi kemudahan.
2.     Rajin Membaca
Banyak – banyaklah membaca buku, jurnal dan skripsi senior yang berhubungan dengan judul skripsi tersebut agar memperkaya wawasan dan pengetahuan kita akan judul skripsi yang tengah kita buat. Sehingga pada saat proses penyusunan sudah mengetahui buku dan jurnal mana yang akan dijadikan refensi dalam skripsi atau tugas akhir.
3.     Buat Bank Teori
Sama seperti fungsi bank pada umumnya, bank yang dimaksud disini adalah kita harus rajin – rajin menabung teori yang berhubugan dengan judul skripsi kita. Agar pada saat kita menyususn skripsi tidak kekurangan teori dan mempercepat proses dan waktu penyusunan.
4.     Buat Jadwal Mengerjakan Skripsi
Sama seperti pada waktu kuliah kita memliki jadwal mata kuliah maka pada saat kita meyusun skirpsi kita hars memiliki jadwal yang harus kita capai. Sehingga jadwal tersebut dapat membuat kita disiplin akan waktu penyusunan skripsi.
5.     Buat Jadwal Bimbingan
Pada saat kita menyusun skripsi kita akan mendapat 2 (dua) pembimbing yang masing – masing memiliki kesibukan masing – masing. Maka kita harus rajin dan berhubungan baik dengan seluruh pembimbing kita agar mendapat penilaian yang baik salah satunya adalah dengan membuat jadwal bimbingan atau konsultasi. Serta jangan lupa untuk mengingatkan melalui SMS, Telepon atau bertemu langsung apabila ingin mebuat janji bimbingan atau konsultasi.
6.     Memahami Karakteritik Dosen
Setiap dosen memiliki cara dan karakteristik yang berbeda dalam setiap membimbing mahasiswa, maka dari itu kalian harus mengetahui dan mengenali setiap cara dan karakteristik dari dosen pembimbing kalian. Sebaik mungkin perdebatan dikurangi dan dicari jalan keluarnya.

          Sekian tips dan triks dari saya semoga dapat bermanfaat dan membantu kelancaraan proses penyusunan skripsi kalian yaaaaaa…. Jangan patah semangan dan terus berusahan….\^O^/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar