Rabu, 14 Desember 2016

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Samsung ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Internasional Indonesia Bekasi )

ABSTRAK



Nama Mahsiswa                    : Hanifah Izmi
Nomor Induk Mahasiswa     : 02120021
Judul Skripsi                         : Pengaruh Kualitas Produk dan  Harga  Produk
Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Samsung ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Internasional Indonesia Bekasi )

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena turunnya pangsa pasar Smartphone Samsung di pasar dunia khususnya Indonesia di tahun 2015 yang mengakibatkan turunnya penjualan dan profitabilitas perusahaan. Salah satu kunci mempertahankan pangsa pasar adalah dengan menciptakan kepuasan konsumen. Untuk itu perlu menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya kualitas produk dan harga produk. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi terdiri dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Internasional Indonesia Bekasi pengguna Smartphone Samsung. Sampel ditetapkan sebanyak 60 (enam puluh) orang yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling insidental dan dihimpun melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS versi 23.

Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda  Y = 1,629 + 0,230X1 + 0,654X2. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) hanya variabel harga produk yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t-hitung sebesar 3,960 > t-tabel 2,010 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 sedangkan variabel kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan kepuasan konsumen dengan t-hitung sebesar 1,541 < t-tabel 2,010 dan  nilai probabilitas 0,129 > 0,05. Hasil uji F menunjukkan bukti bahwa kualitas produk dan harga produk secara simultan berpengaruh signifikan. Nilai F-hitung sebesar 37,935 > F-tabel sebesar 3,145. Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,571 yang berarti variabel kualitas produk dan harga produk dapat menjelaskan variabel kepuasan konsumen sebesar 57,1% dan sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi faktor lain di luar variabel penelitian ini.


Kata kunci     : Kualitas Produk, Harga Produk, Kepuasan Konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar